Home / Berita / Nama Sekolah maupun Universitas Wajib Bahasa Indonesia..??

Nama Sekolah maupun Universitas Wajib Bahasa Indonesia..??

Perpres 63/2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia mewajibkan penamaan sekolah hingga universitas dalam bahasa Indonesia. Tetapi ada lembaga pendidikan yang mendapat pengecualian dan boleh menggunakan nama dengan bahasa asing.

Perpres 63/2019 ini merupakan aturan lebih lanjut dari UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. UU tersebut memang sudah mengatur bahasa Indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan hingga jalan, tapi belum ada rinciannya.

 

Foto Upacara Bendera MUMA 2019

Sesuai Perpres ini, penamaan geografi, bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau permukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, serta organisasi yang didirikan atau dimiliki warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia wajib menggunakan bahasa Indonesia.

Dalam Pasal 37 Perpres 63/2019, nama lembaga pendidikan yang didirikan atau dimiliki WNI atau badan hukum Indonesia wajib menggunakan bahasa Indonesia. Namun lembaga pendidikan yang didirikan atas dasar kerja sama dengan lembaga pendidikan asing dikecualikan.

Sumber : ( https://news.detik.com/berita/d-4739770/nama-sekolah-universitas-wajib-bahasa-indonesia-ini-pengecualiannya )

About andro

Check Also

BAKSOS MUMA ke Panti Asuhan Ponpes Muhammadiyah “AR Fahrudin”

(Jum’at, 07 Februari 2020) Pagi hari tadi berangkat menggunakan bus yang telah disiapkan SMA Muhammadiyah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.