Home / Informasi Sekolah / Semarak Peringatan Milad Muma Ke-40

Semarak Peringatan Milad Muma Ke-40

Rangkaian Peringatan Milad SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang dilaksanakan Sabtu (20/4) lalu berlangsung meriah. Sejak pagi, kegiatan Lomba Karawitan dan Lomba Band SMP se-Yogyakarta tersebut telah ramai oleh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, alumni SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, peserta lomba, para pendukung, dan masayarakat sekitar yang ingin menyaksikan rangkaian acara.

Panggung sederhana telah berdiri sejak hari Jumat. Siswa dan siswi serta sejumlah guru yang ditunjuk sebagai panitia Muma Art #1 telah sibuk menyiapkan perlengkapan panggung dan hal-hal penunjang acara. Tepat Jumat malam, seperangkat wayang, gamelan, dan atribut Peringatan Milad SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta ke-40 telah siap.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bu Esti Khasanah selaku perwakilan dari SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Beliau mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan, peserta, para sponsor, dan juga tim Muma Art #1 yang telah bahu membahu menyukseskan acara. Selain menjadi sekolah berwawasan entrepreneur, SMA Mmuhammadiyah 5 Yogyakarta juga unggul dalam seni karawitan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kelompok karawitan Surya Budaya yang anggotanya terdiri atas guru dan karyawan. Oleh sebab itu, SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta ingin memberi wadah untuk berkreativitas dan berkompetisi dalam lomba seni musik dan karawitan sebagai salah satu rangkaian Peringatan Milad SMA Muhammadiyah 5 ke-40.

Sambutan selanjutnya oleh ketua IPM periode 2019-2020 yang sekaligus ketua panitia Peringatan Milad SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Ke-40, Stefven Candra Wijaya. Dengan mengenakan pakaian gagrak Jawa lengkap, Stefven mengucapkan selamat datang kepada peserta lomba dan tamu undangan. Sefven juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras segenap panitia serta berharap acara akan berlangsung dengan lancar.

Acara Peringatan Milad SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Ke-40 juga dihadiri oleh Dr. Arif Budi Raharjo dari Dikdasmen PWN DIY,  Dr. Joko Susilo dari Dikdasmen Kota Yogyakarta, dan Bapak Budi Asrori dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Lomba karawitan dijuri oleh dua seniman, penggiat, dan komposer musik karawitan yaitu Tulus Ari Widodo, S.Sn. dari Semin, Wonosari dan Eko Santoso, S.Sn. dari Pakis, Magelang, Jawa Tengah.  Sedangkan, lomba band dijuri oleh dua penggiat musik yaitu Bapak Pak Tri Widi Rahmanto, penggiat musik P3G Yogyakarta dan Bapak Arif, pemilik sekaligus instruktur Sanggar Musik Melody Yogyakarta.

Acara diakhiri dengan pementasan wayang oleh dalang cilik SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Pendalang Stefven Candra Wijaya kelas X MIA 1, Pasya (Putra dari Pak Budi ), dan Riski Dwi Mahendra kelas X MIA 1 yang diiringi alunan karawitan dari Surya Budaya, serta pemberian hadiah pada pemenang.

 

Pemenang Lomba Karawitan

Juara 1 SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Juara 2 SMP Muhammadiyah Banguntapan

Juara 3 SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta

 

Pemenang Lomba Band

Juara 1 SMP Muhammadiyah 4 YK

Juara 2 SMP Muhammadiyah 7 YK

Juara 3 SMP Muhammadiyah 1 YK

About dinun hanafi

Check Also

Kunjungan SMA MUMA ke ADiTV mengikuti siaran Wedhang Ronde

Pada hari Rabu, 26 Februari 2020, Guru dan Siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta diundang secara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.