Home / Berita / Sambutan Hangat Apel Merah dan Busur Panah SMA Muhammadiyah 3 Batu

Sambutan Hangat Apel Merah dan Busur Panah SMA Muhammadiyah 3 Batu

Agenda hari ke-2 dalam rangkaian kegiatan Study Tour ke Malang SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta adalah kunjungan ke SMA Muhammadiyah 3 Batu, Malang. Setelah beranjak dari Hotel Paradise, pada Senin, 7 Mei 2018 rombongan putih abu-abu SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta beserta pendamping menuju lokasi sekolah yang cukup dekat, kurang lebih 10 menit perjalanan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun silaturrahmi dengan keluarga besar SMA Muhammadiyah 3 Batu, Malang.

Tepat pukul 09.00 WIB, rombongan sampai di lokasi parkir dengan arahan dua siswa IPM SMA Muhammadiyah 3 Batu dan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 200 meter menyusuri jalan kecil. Perjalanan terasa sangat cepat karena di sepanjang perjalanan rombongan diperlihatkan sumber daya yang ada di sekitar SMA Muhammadiyah 3 Batu.

Dari kejauhan, keluarga besar SMA Muhammadiyah 3 Batu terlihat berbaris dan siap menyambut rombongan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Senyum ramah dan hangat terpancar dan langsung dibalas dengan ekspresi gembira oleh siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Beberapa dari mereka langsung menyerukan salam, “assalamu’alaikum!!” Seketika itulah, suasana hangat menyeruak, menyelimuti pertemuan pertama keluarga besar SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dan keluarga besar SMA Muhammadiyah 3 Batu.

Rombongan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dipersilakan untuk menempati ruangan-ruangan yang telah disiapkan. Di ruangan tersebut disediakan aneka suguhan, termasuk apel merah segar yang menjadi buah khas kota Batu, Malang. Di tengah-tengah kegiatan kunjungan, terdengar suara riuh dari luar sekolah. Ternyata, di halaman sekolah, siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 3 Batu telah membaur dan belajar memanah bersama. Mereka terlihat antusias mempelajari cabang olahraga yang terbilang sulit itu. Panahan adalah salah satu ekskul unggulan yang telah mengantarkan SMA Muhammadiyah 3 Batu menjadi juara panahan tingkat nasional.

Selain kegiatan memanah, sebagian siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta juga diperlihatkan kebun percobaan SMA Muhammadiyah 3 Batu. Kebun tersebut adalah lahan belajara bagi Ekskul Pembudidayaan. Kebun percobaan tersebut terletak sekitar 300 meter dari sekolah. Dalam perjalanan menuju kebun tersebut, siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta terkagum dengan panorama alam lereng gunung. Selain udara yang sejuk, panorama yang tampak juga sangat menyegarkan mata. Di lokasi kebun, siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 3 Batu menjelaskan proses pembudidayaan dan jenis tanaman yang dibudidayakan sembari memperlihatkan hasil budidaya. Salah satu tanaman yang menjadi daya tarik adalah pohon anggur yang berbuah namun tidak merambat seperti pohon anggur secara umum. Siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta terlihat antusias dan senang sehingga mengabadikan gambar mereka di antara bunga-bunga.

Ketika siswa dan siswi saling bertukar ilmu dan pengalaman, para guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dijamu di ruang guru SMA Muhammadiyah 3 Batu. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Bapak Harnadi, S.Pd. selaku Kepala SMA Muhammadiyah 3 Batu. Dari SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, sambutan diwakili oleh Miftakhul Falah Islami, M.Pd selaku humas. Dalam sambutannya, Falah mengungkapkan bahwa kunjungan ke SMA Muhammadiyah 3 Batu adalah salah satu wujud keinginan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang ingin bersilaturrahmi ke sekolah-sekolah di penjuru Indonesia. “Tahun lalu kami diberikan kesempatan untuk berkunjung ke SMA Muhammadiyah 1 Denpasar dan SMAN 1 Denpasar, alhamdulillah tahun ini dapat berkunjung ke SMA Muhammadiyah 3 Batu,” ungkap Falah. Selain itu, beliau juga mengungkapkan ketertarikannya dengan tag line SMA Muhammadiyah 3 Batu sebagai sekolah berbasis dunia akhirat.

Acara diskusi, bertukar ilmu, dan pengalaman pun terasa santai berkat suasana yang hangat dan ramah serta hidangan apel merah khas Batu, Malang yang menjadi camilan ringan dan menyegarkan. Di ujung kegiatan kunjungan tersebut, SMA Muhammadiyah 3 Batu memberikan kenang-kenangan berupa panah dan busur, ciri khas SMA Muhammadiyah 3 Batu dan diakhiri dengan foto bersama di depan gedung kebanggaan SMA Muhammadiyah 3 Batu. (Miftakhul Falah Islami, M.Pd – Humas)

About admin

Check Also

PPDB MUMA MASIH DIBUKA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.