Home / Berita / SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Rayakan 72 Tahun Indonesia Merdeka

SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Rayakan 72 Tahun Indonesia Merdeka

Bulan Agustus adalah bulan yang istimewa untuk Indonesia. Awal bulan Agustus hingga menjelang hari kemerdekaan seluruh masyarakat Indonesia sibuk mempersiapkan perayaan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat umum. Jalanan juga penuh dengan atribut bernuansa merah putih.

Pada hari perayaan kemerdekaan Indonesia Ke-72 yang jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2017 ini, seperti biasa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI di sekolah. Seluruh siswa mengenakan seragam OSIS lengkap sedangkan guru dan karyawan mengenakan pakaian putih-hitam. Upacara dimulai pukul 07.10 WIB.

Upacara dibuka oleh MC upacara dilanjutkan dengan lantunan ayat suci yang luar biasa indah oleh Dodi Riskianto Lubis. Tim pengibar bendera pada kesempatan istimewa ini adalah Nastiti Damayanti, Az Zahra Nouvira Pane, dan Maureen Noor Marcia. Pengibaran bendera diiringi dengan lagu Indonesia Raya oleh kelompok paduan suara dengan dirigen Rahma Kurnia Yelta.  Seluruh peserta upacara khidmat mengikuti jalannya upacara.

Dalam upacara ini, sang pembina upacara, Drs. Suyanto menyampaikan bahwa salah satu fungsi mengikuti upacara kemerdekaan adalah untuk membina karakter disiplin. Selanjutnya, beliau membacakan isi sambutan Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, yang lebih pada mengingatkan perjuangan Bung Karno dan Hatta dalam meraih kemerdekaan. Dalam isi sambutan tersebut juga menekankan bahwa butir-butir pancasila merupakan kepribadian bangsa. Selain itu, Bung Karno mengatakan negara bukan hanya untuk satu golongan tetapi satu untuk semua. Menurutnya, kita harus saling toleransi setiap waktu tidak hanya saat proklamasi saja.

Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka secara bersama-sama oleh seluruh peserta upacara. Usai menyanyikan lagu tersebut, tepuk tangan peserta upacara pecah seketika. Nuansa kemerdekaan begitu terasa.

Beberapa komentar datang dari para petugas maupun peserta upacara. Di antaranya Fadhil, selaku pemimpin upacara, menyatakan bangga bisa menjadi pemimpin upacara tahun ini. Ia berharap semoga bangsa Indonesia menjadi makmur dan sentosa. Komentar lain datang dari peserta upacara yaitu Rafael dan Syalsa. “Semoga para siswa lebih disiplin dalam upacara sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan,” terang Rafael. Sedangkan, Syalsa mengaku merasakan semangat proklamasi di upacara kali ini. Ia berharap setelah HUT RI ke-72 kali ini bangsa Indonesia dapat memajukan perekonomian dan pemberantasan korupsi.

Paskibra SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Selain melaksanakan Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia di sekolah, SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta juga mengirimkan Tim Paskibra untuk Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Ngampilan di waktu yang sama dan berlokasi di lapangan MAN 2 Yogyakarta.

Tim Paskibra yang bertugas pada hari ini adalah Daffa Mayda Cesallya Ditama, Dika Kusuma Anggara Putra, Femia Dwita Anggraeni, Rizta Rahmatin Febrian, Syeh Ahmad Al Qauli Zauzi, Adinda Chika, Indah Sari Larasati, Gupita Sanggya Hani, dan Tiara Kusuma Dewi.

Anggota tim tidak menyangka dengan dipilihnya mereka sebagai tim Paskibra. Latihan yang dilakukan sebagai bentuk persiapan pun tidak banyak. Mereka berharap semoga setelah HUT RI ke-72 ini bangsa Indonesia tidak ada lagi korupsi dan narkoba yang menggerogoti masa depan bangsa. (yuni-cahya)

About Habib Nurrahman

Check Also

Inspeksi kesehatan Dinas Kesehatan Yogyakarta di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Demi meningkatkan kualitas kesehatan dan kestabilan tingkat kebersihan. Pemerintah Dinas Kesehatan Yogyakarta melakukan inspeksi turun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.