Home / Berita / Workshop Penulisan Soal Tryout USBN PAI Se-DIY

Workshop Penulisan Soal Tryout USBN PAI Se-DIY

workshop_usbn_pai_diy_2017

Berdasarkan hasil Rakor Ujian Nasional 2017 pada Desember akhir tahun lalu, kebijakan pemerintah mengenai UN tahun 2017 ialah tetap dilaksanakan. Selain itu, ada pula kebijakan meningkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pendamping UN dan merupakan syarat kelulusan siswa. Pembuatan soal USBN akan menjadi tanggung jawab dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Program Guru (KKG) sebagai organisasi profesi. Salah satu materi USBN tersebut antara lain adalah Pendidikan Agama Islam (PAI).

Demi mempersiapkan hal tersebut, Majelis Dikdasmen PWM Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penulisan Soal Tryout USBN PAI Se-DIY pada Sabtu, 11 Februari 2017 dan bertempat di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bapak Aris Budi Santoso, S.Pd.I selaku ketua MGMP ISMUBA se-DIY. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut ialah guru ismuba tingkat SMA/SMK se-DIY. Workshop penulisan soal ini bertujuan sebagai forum untuk berdiskusi dan membahas soal tryout USBN PAI.

Dipilihnya SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menjadi tempat pelaksanaan workshop ini agar setelah kegiatan ini SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menjadi lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

Agenda workshop dimulai dari diskusi hingga pembuatan soal. Acara tersebut berjalan dengan khidmat dan lancar sehingga naskah soal dapat dibuat dengan waktu yang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Selain itu, musyawarah dari setiap guru cukup efektif dan membuat naskah soal menjadi lebih sempurna.

Tata cara pembuatan soal dalam workshop ini dengan dibagi peserta menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok mendapat tugas sesuai dengan kisi-kisi dan unsur-unsur yang ada. Hasilnya akan berbentuk soal yang akan dibagikan dan diujikan pada seluruh siswa kelas XII tingkat SMA/SMK Muhammadiyah se-DIY.

Bapak Aris Budi Santoso mengungkapkan bahwa tidak mudah untuk membuat soal maka perlu kerjasama antar guru agar dapat menyelesikan naskah soal tersebut. Sehingga, naskah bisa sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru dan sesuai buku pelajaran. “Kegiatan ini sangat mendukung kemajuan peserta didik khususnya untuk sekolah Muhammadiyah, dengan harapan nilai USBN PAI bagus atau baik,” ungkap Bapak Aris Budi Santosa yang ditemui usai kegiatan berlangsung. (Feli-Rahma)

About admin

Check Also

Inspeksi kesehatan Dinas Kesehatan Yogyakarta di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Demi meningkatkan kualitas kesehatan dan kestabilan tingkat kebersihan. Pemerintah Dinas Kesehatan Yogyakarta melakukan inspeksi turun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.